-->

Hot News

Kabar Baik, Penyebrangan Mamuju-Balikpapan Dua Kali Sepekan

By On Senin, September 09, 2024

Senin, September 09, 2024

Pejabat Gubernur Sulbar Bahtiar Baharudin saat mengunjungi pelabuhan penyeberangan Simboro, Mamuju, Senin 9 September 2024. [Foto: Kominfo Sulbar]


MAMUJU, MASALEMBO.COM – Menyadari Sulbar sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Penjabat (Pj) Gubernur, Bahtiar Baharuddin terus melakukan terobosan dalam bidang transportasi.

Pasca membuka jalur penerbangan harian di Bandara Tampapadang Mamuju, kini Bahtiar memastikan penambahan frekuensi penyeberangan laut dari Mamuju ke Kalimantan.

"Ini merupakan hasil perjuangan Pak Gubernur kepada pihak PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Balikpapan. Aktivitas penyeberangan kini sudah bertambah," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Maddareski Salatin, Senin (9/9/2024).

Sebelumnya, penyeberangan dari Mamuju ke Pelabuhan Kariangau, Balikpapan, hanya berlangsung satu kali dalam seminggu. Namun, berkat upaya dari Pj Gubernur Bahtiar, frekuensi penyeberangan kini ditingkatkan menjadi dua kali seminggu. Ke depannya, Bahtiar berkomitmen untuk terus memperjuangkan peningkatan layanan ini hingga dapat melayani setiap hari.

Maddareski juga menambahkan bahwa Sulawesi Barat memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan angkutan penumpang dan barang, termasuk komoditas yang dapat diangkut setiap hari.

Selain penambahan frekuensi penyeberangan, Pj Gubernur Bahtiar juga sedang mengupayakan pembukaan rute baru dari Mamuju ke beberapa pelabuhan di Kalimantan, seperti Pelabuhan Bontang, Sangkuriang, dan Samarinda.

"Banyak warga Sulbar yang memiliki tujuan ke tiga daerah ini, termasuk untuk angkutan barang dan komoditas pangan," ungkap Maddareski.

Untuk mendukung peningkatan aktivitas pelayaran ini, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan memfasilitasi rencana investasi dari PT. Belibis Putra yang akan membantu memperluas rute penyeberangan Mamuju-Kalimantan. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini