-->

Hot News

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Terima Penghargaan Kompas TV atas Keberhasilan Pengendalian Inflasi

By On Kamis, September 12, 2024

Kamis, September 12, 2024

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin (kanan) menerima penghargaan dari Kompas TV yang diserahkan Mendagri Tito Karnavian. [Foto: Kominfo Sulbar]


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Pada puncak perayaan HUT ke-13 Kompas TV, Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menerima penghargaan dari Kompas TV. Bahtiar meraih penghargaan atas keberhasilannya dalam mengendalikan inflasi di wilayah Sulbar. Penghargaan ini merupakan bagian dari apresiasi kepada sejumlah kepala daerah yang dinilai berprestasi dalam beberapa kategori, termasuk pengendalian inflasi, yang merupakan prioritas utama Presiden Joko Widodo.

Kompas TV memberikan penghargaan dalam enam kategori, salah satunya adalah daerah peduli pengendalian inflasi yang dianugerahkan kepada Bahtiar Baharuddin. 

Penghargaan ini didasarkan pada hasil observasi jurnalistik dari Kompas TV melalui 31 jaringan birunya di seluruh Indonesia. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dan disaksikan oleh sejumlah tokoh nasional serta menteri.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menekankan pentingnya peran kepala daerah dalam mendorong pembangunan nasional, serta bagaimana penghargaan dan insentif bisa menjadi pendorong untuk kinerja yang lebih baik. 

"Bagaimana membuat mereka dapat bekerja dengan baik, maka menciptakan iklim kompetitif antar kepala daerah dengan menggunakan reward dan punishment. Dengan reward dapat memotivasi, dengan punishment akan memberikan efek untuk mau bangkit,” kata Tito.

Tito juga mengapresiasi Kompas TV yang telah melakukan riset mendalam dalam penjurian penghargaan ini. Ia menegaskan bahwa pengendalian inflasi merupakan prioritas nasional yang telah menjadi program utama Presiden Jokowi, dengan dukungan anggaran yang besar.

Selain itu, Tito menggarisbawahi pentingnya penghargaan dari luar pemerintah, termasuk dari media, seperti Kompas TV yang memiliki kredibilitas tinggi dan independensi. 

"Media sekelas Kompas, Kompas salah satu media yang cukup tua, kredibel, objektif, transparan, kritik, dan memiliki puslitbang sendiri,” ujarnya.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan dan berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya. 

"Terima kasih kerja keras dan kekompakan tim inflasi Sulbar dan tim inflasi kabupaten, seluruhnya tanpa terkecuali. Saya hanya mewakili karya-karya terbaik kawan semuanya," ujar Bahtiar.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar menunjukkan bahwa pada Agustus 2024, inflasi year on year (y-on-y) di Provinsi Sulawesi Barat sebesar 1,59 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,69. Capaian ini menjadikan Sulbar sebagai provinsi dengan tingkat inflasi terendah di Pulau Sulawesi, bahkan lebih rendah dari rata-rata nasional.

Kepala Dinas Ketapang Sulbar, Abdul Waris Bestari, juga menyoroti pencapaian Sulbar yang berhasil menduduki peringkat ke-6 dalam hal pengendalian inflasi secara nasional pada bulan Agustus 2024, setelah sebelumnya berada di urutan ke-15. "Hasil kerja keras Pj Gubernur bersama tim bulan Agustus 2024 kita berada di urutan ke-6 seluruh Indonesia inflasinya rendah. Bahkan terendah di Pulau Sulawesi," ungkap Abdul Waris.

Sebelumnya, saat Bahtiar menjabat di Sulawesi Selatan, inflasi year on year (y-on-y) pada November 2023 tercatat sebesar 2,79 persen, lebih rendah dibandingkan inflasi nasional yang berada di angka 2,86 persen, yang merupakan pencapaian terendah di Indonesia selama lima tahun terakhir. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini