-->

Hot News

Pj Bahtiar Raih Penghargaan TEMPO untuk Kontribusi Lingkungan

By On Rabu, September 11, 2024

Rabu, September 11, 2024

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin (kini) saat menerima penghargaan dari Tempo Media Group. [Foto: Kominfo Sulbar]


JAKARTA, MASALEMBO.COM – Tempo Media Group memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang telah berkontribusi signifikan dalam pembangunan, baik di tingkat daerah maupun nasional, termasuk Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin.

Para tokoh ini diakui atas prestasi nyata yang mereka ukir untuk masyarakat. Tempo mencatat beberapa kepala daerah, termasuk Pj Bahtiar Baharuddin, sebagai sosok inspiratif berkat kontribusi mereka dalam memimpin daerah, terutama di bidang pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

Direktur Utama PT Tempo Intimedia, Arif Zulkifli, menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada kepala daerah yang menunjukkan kontribusi nyata bagi masyarakat. 

"Banyak tokoh dari daerah yang kemudian berkembang menjadi tokoh nasional, lahir dari jejak rekam penghargaan Tempo seperti yang diberikan malam ini," ujar Arif Zulkifli, seraya mencontohkan beberapa tokoh nasional yang sebelumnya pernah menerima penghargaan dari Tempo, seperti Presiden Joko Widodo, Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menjabat Walikota Surabaya, dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas saat menjadi Bupati Banyuwangi.

Penghargaan dari Tempo ini, yang telah berlangsung selama 10 tahun terakhir, melibatkan proses penjurian yang sangat ketat. Tempo menggunakan jutaan data dari berbagai media, baik lokal maupun nasional, untuk memastikan keputusan yang diambil berdasarkan kriteria yang objektif dan jelas. Penilaian juga mempertimbangkan faktor keberlanjutan dari para tokoh ini, serta sejauh mana mereka bisa menginspirasi generasi mendatang.

Pj Bahtiar Baharuddin menerima penghargaan sebagai Tokoh Pelestarian Lingkungan dan Mitigasi Bencana, yang dianggap tim juri Tempo mampu memberikan inspirasi berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Utama Tempo Intimedia, Arif Zulkifli, dan Plt Sekjen Kemendagri, Komjen Pol. Tomsi Tohir Balaw, dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia 2024 di Ruang Flores, Hotel Borobudur, Jakarta, pada Selasa, 10 September 2024.

Arif Zulkifli menambahkan, penghargaan ini diberikan karena peran kepala daerah sebagai garda terdepan dalam menghadapi berbagai masalah di daerah. “Selain memberi kritik, kami juga memberikan apresiasi,” jelas Arif.

Plt Sekjen Kemendagri, Komjen Pol. Tomsi Tohir Balaw, turut mengapresiasi langkah Tempo Media Group ini. Ia menilai bahwa pemberian penghargaan ini menjadi sarana berbagi pengetahuan terkait pelaksanaan tugas di berbagai bidang.

“Penghargaan ini memberikan pengakuan terhadap individu yang berkontribusi nyata dalam membangun bangsa dan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mengembangkan diri. Mereka yang menerima penghargaan diharapkan bisa meninggalkan warisan yang lebih rinci dan mendalam, sehingga apa yang sudah baik tidak hilang begitu saja dengan adanya pergantian pejabat,” ungkapnya.

Bagi Bahtiar Baharuddin, kepeduliannya terhadap lingkungan bukanlah hal baru. Sejak menjabat sebagai Pj Gubernur Kepri, Pj Gubernur Sulsel, hingga Dirjen di Kemendagri, ia aktif mendorong program penanaman pohon sebagai prioritas utama. Hal ini terus dilanjutkan ketika pertama kali menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

"Saat saya baru tiba di Sulbar, saya langsung dihadapkan pada sejumlah titik longsor di Mamasa. Oleh karena itu, pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon menjadi sangat penting," tandas Bahtiar.

Selain itu, saat menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi kinerja Bahtiar dalam menangani bencana banjir dan tanah longsor di Sulawesi Selatan. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini