-->

Hot News

Pilkada Sulbar 2024, Satgas Kesehatan Disiagakan di Setiap TPS

By On Jumat, September 20, 2024

Jumat, September 20, 2024

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg Asran Masdy. (Kominfo Sulbar)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Menindaklanjuti arahan Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Barat, Dinas Kesehatan Sulbar telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk membentuk Satgas Kesehatan Pilkada 2024. Tim ini disiagakan guna memastikan kelancaran penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Sulbar.

"Satgas ini sudah kami bentuk dan persiapan telah dilakukan mulai dari tingkat provinsi hingga ke Pustu (Puskesmas Pembantu) sesuai arahan Pak Gubernur," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy, Kamis, 19 September 2024.

Pembentukan Satgas Kesehatan ini bertujuan memastikan pesta demokrasi berjalan lancar dan aman, baik bagi penyelenggara maupun masyarakat. Asran menekankan bahwa pada penyelenggaraan Pilkada sebelumnya, banyak petugas yang mengalami kendala kesehatan akibat kelelahan saat bertugas di TPS. Oleh karena itu, kehadiran Satgas Kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan di setiap TPS.

Selain membantu penyelenggara Pilkada, Satgas Kesehatan juga siap memberikan layanan bagi masyarakat yang memerlukan bantuan medis di TPS. Setiap Puskesmas di tingkat kecamatan telah mendirikan pos pelayanan kesehatan yang siap beroperasi sehari sebelum hingga dua hari setelah pemungutan suara.

Pada hari H, pos-pos kesehatan ini akan berpatroli secara aktif di setiap TPS dan berkoordinasi intens dengan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). 

"Kami juga telah menginformasikan kepada KPPS bahwa mereka akan memegang kontak langsung dengan layanan kesehatan Puskesmas terdekat, sehingga jika terjadi situasi darurat, mereka bisa segera menghubungi pos pelayanan kesehatan yang telah disiapkan," tambah Asran.

Tidak hanya berkoordinasi dengan pihak kabupaten, Dinas Kesehatan Sulbar juga menggandeng unsur kesehatan dari berbagai instansi vertikal, termasuk TNI-Polri dan kementerian terkait di daerah. Langkah ini diambil untuk memastikan Satgas Kesehatan memberikan pelayanan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Sulbar 2024. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini