-->

Hot News

Pemuda Bulubawang Gelar Puncak Pesta Rakyat Berkonsep Zaman Dulu

By On Minggu, September 01, 2024

Minggu, September 01, 2024

Pemuda Bulubawang, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat saat menggelar malam pesta rakyat pada Sabtu, 31 Agustus 2024. [Foto: Asrianto/masalembo.com]


POLMAN, MASALEMBO.COM - Komunitas Pemuda Bulubawang, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggelar malam pesta rakyat pada Sabtu malam (31/8/2024). Kegiatan berlangsung di kompleks salah satu perumahan di Dusun Bulubawang dan dihadiri oleh warga sekitar, organisasi pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

Menariknya, pesta rakyat ini mengusung nuansa klasik yang didesain dengan konsep zaman dulu. Mulai dari tampilan stand, peserta yang mengenakan kebaya jadul, penggunaan cahaya penerangan lampu gas (petromaks) dan obor, serta beberapa alat perlengkapan yang mengusung tema kembali ke zaman dulu.

Selain itu, puluhan stand yang berdiri berlomba menyajikan menu masakan tradisional Mandar seperti loka anjoroi, bubur tarreang (jewawut), bau papi, jepa, dan berbagai menu masakan tradisional lainnya. Kriteria lomba dinilai oleh juri dari segi rasa, cara membuat dan menyajikan, serta beberapa kriteria lainnya. Dalam penilaian lomba, tim juri didatangkan dari luar sehingga tidak ada rekayasa penilaian peserta lomba.

Panitia kegiatan, Sakka, mengatakan, "Malam kegiatan pesta rakyat ini merupakan rangkaian puncak perayaan HUT RI ke-79 yang setiap tahun digelar saat momen 17 Agustus. Kegiatan ini menyemarakkan HUT RI dan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara sesama warga."

"Ini sejak tanggal 14 Agustus kami gelar berbagai lomba dan malam ini adalah puncak perayaannya sekaligus penerimaan hadiah lomba," katanya ditemui usai kegiatan.

Malam pesta rakyat ini juga sekaligus menjadi ajang penyerahan hadiah lomba yang digelar selama kegiatan 17 Agustus. Berbagai hadiah elektronik dan hadiah hiburan diserahkan oleh panitia acara.

Sumber dana yang digunakan oleh panitia merupakan swadaya dari masyarakat sekitar. Panitia berharap semoga kegiatan ini terus digelar dalam suasana yang lebih meriah lagi.

Sebelumnya, komunitas pemuda ini telah melakukan aksi mencuci kendaraan mobil dan motor demi menggalang donasi untuk kegiatan lomba 17 Agustus. Hasil dari donasi cuci motor tersebut kemudian dikumpulkan sebagai anggaran untuk berbagai lomba yang digelar. (Ant/har)

comments
close
Banner iklan disini