-->

Hot News

Panwaslu Sangia Wambulu Buka Perekrutan PTPS

By On Sabtu, September 14, 2024

Sabtu, September 14, 2024



BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang akan berlangsung pada pesta demokrasi tersebut akan digelar pada 27 November mendatang, penyelenggara pemilihan telah melakukan beberapa jenis tahapan.

Agar pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar, aman dan sesuai dengan yang diharapkan, maka dibutuhkan anggota-anggota yang akan bertugas pada pos atau job desknya masing-masing, salah satunya adalah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Untuk itu, agar fungsi pengawasan pemilihan berjalan dengan maksimal, Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

"Pendaftaran nya dibuka dari tanggal 12-28 September. Untuk kuota yang dibutuhkan sebanyak 10 anggota PTPS yang nantinya akan bekerja di enam Kelurahan/Desa," ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Sangia Wambulu, Ahmed Maqbulah, Sabtu (14/9).

Pria yang akrab disapa Odon itu menjelaskan pendaftaran PTPS ini nantinya akan mengawasi proses pemungutan dan rekapitulasi surat suara di masing-masing TPS. Sehingga pada pelaksanaan nantinya bisa terlaksana dengan baik.

"Mengingat juga, anggota PTPS memegang peran krusial dan strategis agar pemilihan serentak berlangsung secara jujur, adil, dan transparan. Maka dapat dikatakan bahwa PTPS adalah ujung tombak pengawasan pada hari H pesta demokrasi masyarakat Buteng," ungkap Odon.

Selanjutnya, alumni Universitas Haluoleo itu juga memastikan bahwa perekrutan PTPS akan dilakukan secara terbuka dan transparan bagi yang memenuhi persyaratan termasuk bagi penyandang disabilitas. 

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat, baik itu tokoh adat maupun tokoh pemuda lingkup Kecamatan Sangia Wambulu untuk berpartisipasi aktif mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024 dengan menjadi PTPS.

"Untuk mendapatkan formulir pendaftaran, masyarakat dapat datang langsung ke Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan atau dapat mengakses file formulir pendaftaran lewat scan barcode dalam pengumuman pendaftaran yang ada di halaman sosial media Panwaslu Kecamatan Sangia Wambulu," ucapnya. 

Adapun untuk dokumen pendaftaran dapat diantar langsung ke kantor Panwaslu Kecamatan Sangia Wambulu yang beralamat di jalan poros Tolandona Baruta, Desa Doda Bahari.

Penulis : Muhammad Al Rajap

comments
close
Banner iklan disini