-->

Hot News

Nutrisionis RSUD dr Moh Anwar Sumenep Ingatkan Pentingnya Memahami Diet yang Benar

By On Selasa, September 03, 2024

Selasa, September 03, 2024

Nutrisionis Poliklinik Gizi RSUD dr Moh Anwar Sumenep, Erma Astuti/Khairullah Thofu.


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Nutrisionis Poliklinik Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep Erma Astuti mengingatkan masyarakat, akan pentingnya memahami pola diet yang benar. 

Menurut Erma Astuti, sejauh ini banyak masyarakat yang tidak memahami secara utuh secara medis terkait diet dan masyarakat hanya menerima informasi sepotong, jika diet hanya menyangkut urusan mengurangi pola makan. Hal ini tentu sangat berisiko bagi kesehatan. 

"Apa sebenarnya pengertian diet, karena masyarakat umum mengartikan kalau diet itu mengurangi makan atau tidak makan sama sekali itu. Jadi bukan itu, diet adalah mengatur pola makan sesuai dengan penyakit yang diderita, makanan apa yang boleh dan makanan apa harus dibatasi," jelasnya.

Dalam kehidupan masyarakat seperti sekarang ini, diet dengan tujuan mendapatkan berat tubuh ideal sudah menjadi gaya hidup di masyarakat, oleh sebab itu pihaknya terus melakukan upaya untuk memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus mudah dipahami oleh pasien. 

Erma menjelaskan setiap pasien yang datang ke Poliklinik Gizi akan mendapat layanan konsultasi gizi, terkait mengatur pola makan yang tepat untuk kesembuhan pasien. Dirinya menegaskan, bahwa tidak ada makanan yang mengandung semua gizi. Oleh sebab itu dibutuhkan beragam jenis hidangan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yang perlu diatur agar semua asupan bisa terpenuhi setiap hari yang bisa mempercepat proses penyembuhan.

"Jadi kita hitungkan berapa kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk pasien. Makanan apa saja yang disarankan. Hal itu untuk mempercepat proses penyembuhan pasien. Misal bagi penderita DM harus memperhatikan tiga hal, yaitu jadwal makan, jenis makanan dan jumlah makanan agar kadar gula dapat dikontrol dengan baik, " urainya. 

Lebih lanjut, Erma menyarankan supaya masyarakat atau pasien untuk terus menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, seperti dengan olahraga yang teratur selama 15 -30 menit setiap harinya. Bahkan, dirinya mempersilakan masyarakat yang ingin memulai gaya hidup sehat dan membutuhkan konsultasi gizi untuk tak sungkan datang ke Poliklinik Gizi RSUD dr Moh Anwar Sumenep.

"Silahkan, apabila dibutuhkan untuk konsultasi layanan gizi kami selalu buka setiap hari di jam kerja," pungkasnya. 

Tak hanya itu, Poliklinik Gizi yang sudah ada sejak lama di RSUD dr Moh Anwar juga menyediakan layanan konsultasi gizi rujuk internal bagi pasien. Baik dari Poliklinik Interne, Poliklinik Syaraf, Poliklinik Anak maupun poli-poli lainnya dan menjadi salah satu bagian penting dari sistem layanan yang ada di rumah sakit plat merah tersebut.

"Pasien biasanya datang ke sini rujukan dari poliklinik saraf, interne, anak. Ada juga dari poliklinik lainnya," tandanya. (Tho)

comments
close
Banner iklan disini