-->

Hot News

Jembatan Ambruk di Polewali Mandar, Dump Truk Bermuatan 5 Ton Terjatuh ke Sungai

By On Jumat, September 20, 2024

Jumat, September 20, 2024

Mobil Dump Truk terjatuh ke sungai akibat jembatan ambruk di Polewali Mandar. (Asrianto/masalembo.com)


POLEWALI, MASALEMBO.COM – Sebuah insiden terjadi di Kecamatan Sulewatang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, di mana sebuah mobil dump truk terjatuh ke dalam sungai setelah jembatan yang dilintasinya ambruk. Kejadian ini diduga disebabkan oleh kelebihan muatan yang tak mampu ditahan oleh jembatan yang sudah rapuh.

Dump truk bernomor polisi DC 8581 CT yang mengangkut bahan material batu untuk pembangunan irigasi terjatuh ke sungai sedalam lima meter. Mobil tersebut membawa muatan seberat lima ton, yang rencananya akan digunakan untuk proyek bendungan air irigasi di wilayah sekitar.

Menurut saksi mata, kejadian bermula ketika bagian besi jembatan sebelah kanan tiba-tiba patah saat truk melintas. Akibatnya, kendaraan besar tersebut langsung miring dan akhirnya terjatuh ke dasar sungai. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, karena sang sopir berhasil menyelamatkan diri dengan melompat keluar sebelum truknya jatuh ke sungai. Meski demikian, kendaraan mengalami kerusakan parah dengan bagian bodi yang ringsek, menyebabkan kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Bahar, staf kelurahan Sulewatang, mengungkapkan bahwa sebelumnya warga sudah memperingatkan sang sopir untuk tidak melintasi jembatan tersebut karena kondisinya yang sudah sangat rapuh. 

"Jembatan ini sudah berusia sekitar 20 tahun dan belum mendapat perbaikan," katanya. 

"Sopir tetap memutuskan untuk melintas, yang akhirnya menyebabkan jembatan ambruk," ujar Bahar.

Selain menyebabkan kerugian material, insiden ini juga mengganggu aktivitas warga setempat. Jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses penting yang menghubungkan Kampung Lupu’ dengan Kampung Baru Tirondo. Warga yang biasa menggunakan jalur ini untuk menuju kebun dan mengangkut hasil pertanian ke kota kini mengalami kendala.

Pemerintah kelurahan setempat telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera mengevakuasi dump truk dari dasar sungai menggunakan alat berat. Selain itu, perbaikan jembatan menjadi prioritas guna mengembalikan akses penting bagi warga. (Ant/har)

Berikutnya
Ini adalah halaman terbaru saat ini
Sebelumnya
Postingan Berikutnya »
comments
close
Banner iklan disini