-->

Hot News

Apresiasi SHF, Pemprov Sulbar Beri Bantuan Pendidikan kepada Anak Passandeq

By On Selasa, September 17, 2024

Selasa, September 17, 2024

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar Mitthar di momen SHF 2024 di Tanjung Silopo Polewali. [Foto: Kominfo Sulbar]


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sebagai bentuk apresiasi pelaksanaan Sandeq Heritage Festival (SHF) 2024 dalam rangka memperingati HUT ke-20 Provinsi Sulbar, Pemprov memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak nelayan yang melayarkan perahu sandeq (passandeq)

Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan terhadap peran passandeq dalam melestarikan budaya maritim di tanah Mandar, Sulawesi Barat.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan bahwa perahu sandeq, yang berukuran kecil dan rentan terhadap ombak, memerlukan keberanian dan semangat yang kuat dari para pengendalinya. 

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para passandeq yang telah berkontribusi dalam festival ini.

Sementara, Ketua Panitia Sandeq Heritage Festival (SHF), Mitthar, menyatakan bahwa selain uang saku untuk keluarga passandeq, Pemprov Sulbar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar juga memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak passandeq hingga tingkat SMA. 

Mitthar, yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar, menjelaskan bahwa bantuan ini adalah wujud kepedulian terhadap passandeq dan upaya untuk mengatasi masalah anak putus sekolah di Sulawesi Barat.

"Anak passandeq kita berikan bantuan pendidikan sebagai bentuk perhatian kami," kata Mitthar.

Mitthar menyampaikan terima kasih kepada sejumlah sponsor, termasuk kepala sekolah se-Sulbar, yang telah berkontribusi sebagai sponsor untuk perahu sandeq dalam festival ini.

Festival Sandeq Heritage 2024 menampilkan 63 perahu sandeq, masing-masing dikendalikan oleh delapan orang dan dikawal oleh perahu pattonda dari etape ke etape. Passandeq memulai perjalanan dari Pantai Tanjung Silopo pada 16 September 2024 dan dijadwalkan tiba di Mamuju pada 20 September setelah menyelesaikan etape terakhir yang melibatkan keliling Pulau Karampuang. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini