-->

Hot News

Nasyiatul Aisyiyah Ajak Masyarakat Desa Kalepu Terapkan Pola Asuh Ramah Anak

By On Selasa, Agustus 13, 2024

Selasa, Agustus 13, 2024

Ketua Nasyiatul Aisyiyah Sulbar, Rhena saat menyampaikan materi pada Sosialisasi Pola Asuh Orang Tua Berbasis Hak Anak di Desa Kalepu, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. [Foto: Rhena/masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Nasyiatul Aisyiyah menggelar Sosialisasi Pola Asuh Orang Tua Berbasis Hak Anak di Desa Kalepu, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. 

Acara yang berlangsung selama dua hari, 13-14 Agustus 2024, di aula kantor desa Kalepu ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk pemerintah desa, relawan sapa, organisasi perempuan, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD, Bidan Desa, Forum Anak, sekolah perempuan, serta perwakilan pemuda dan remaja setempat.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang hak-hak anak dan memperbaiki praktik pengasuhan. 

Amin Syam, penjabat Kepala Desa Kalepu, menekankan pentingnya acara ini. Ia menyatakan bahwa pola asuh berbasis hak anak tidak hanya memperhatikan kesejahteraan anak tetapi juga mempromosikan keadilan dan keseimbangan dalam hubungan keluarga.

Sementara Rhena, Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Barat, dalam materinya menjelaskan bahwa pola asuh yang efektif dapat memengaruhi perkembangan emosional, sosial, dan kognitif anak. Ia menekankan pentingnya peran orang dewasa sebagai teladan, mengingat anak-anak cenderung meniru perilaku di sekitar mereka.

"Anak-anak sering kali meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, orang tua dan pengasuh harus menunjukkan perilaku positif, seperti komunikasi yang baik, empati, dan keterampilan sosial. Hal ini cenderung akan membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan keterampilan yang sama," ujar Rhena.

Perwakilan dari Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Fatmawati menambahkan bahwa sosialisasi pola asuh anak adalah proses dinamis yang membutuhkan perhatian dan keterlibatan konsisten dari orang tua dan pengasuh. "Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang sehat, serta tumbuh menjadi individu yang berfungsi dengan baik dalam masyarakat," katanya.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Nasyiatul Aisyiyah untuk mendukung perkembangan anak yang sehat dan seimbang, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pola asuh yang menghormati hak-hak anak. (Ril/har)

comments
close
Banner iklan disini