-->

Hot News

HUT RI Ke- 79 Wabub Sumenep Ajak Generasi Muda Isi Kemerdekaan Dengan Karya dan Prestasi

By On Sabtu, Agustus 17, 2024

Sabtu, Agustus 17, 2024


Foto: Wabub Nyi Hj Dwi Khalifah saat menjadi inspektur upacara/Khairullah Thofu.


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di halaman kantor Pemkab setempat. Sabtu 17/08/2024

Dalam acara yang berlangsung hikmat tersebut, Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dwi Khalifah selaku inspektur upacara dalam amanatnya mengajak generasi muda mengilhami momentum Hari Kemerdekaan, Republik Indonesia yang merupakan satu titik balik sejarah lepasnya Bangsa Indonesia dari kungkungan penjajahan. 

Kemerdekaan yang didapat dengan darah dan keringat para pejuang beserta para pendiri bangsa ini, layak menjadi bahan refleksi bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan satu sumbangsih besar bagi negara melalui karya-karya, yang dapat membawa Bangsa Indonesia sejajar dengan Bangsa-Bangsa lainnya. 

"Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun ini, meningkatkan semangat generasi muda untuk melahirkan prestasi dengan karyanya," kata Wakil Bupati di sela-sela Upacara Bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI 2024, di Kantor Bupati, Sabtu (17/08/2024.

Generasi muda merupakan pewaris estafet kepemimpinan nasional, yang tentu memiliki tantangan-tantangan besar. Maka menurut Nyai Hj Dwi Khalifah generasi haruslah memiliki karakter yang khas Indonesia atau nasionalisme. 

Jangan sampai generasi muda tidak memiliki rasa kepedulian terhadap bangsanya sendiri, yang diakibatkan gempuran budaya global yang mengalir deras. Misalnya, pergaulan bebas yang acap kali menyeret generasi muda kedalam jurang kegelapan secara moral. 

Gangguan moralitas seperti itu sudah banyak menjangkit anak muda, tidak sedikit generasi muda hari ini terjangkit narkoba. Yang berakibat terhadap degradasi moral dan melemahnya kreativitas, tentu hal ini menjadi tantangan yang harus di hadapi oleh semua pihak. Sebab pemimpin-pemimpin saat ini memiliki tanggung jawab sejarah untuk menyiapkan generasi penerus. 

"Generasi muda harus mengisi kemerdekaan untuk melanjutkan pembangunan dengan karya nyata serta menjauhi penyalahgunaan narkoba, agar Kabupaten Sumenep lebih maju dan mandiri," pintanya.

Wabup mengharapkan masyarakat untuk ikut aktif mengawasi lingkungannya, dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), guna menciptakan Kabupaten Sumenep aman dan bebas narkoba.

"Para orang tua hendaknya melakukan pengawasan kepada anak-anaknya untuk menyelamatkannya dari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba, karena dampak narkoba tidak hanya kesehatan fisik dan mental, tetapi menghancurkan masa depan," terangnya.

Wabup menyatakan, momentum bersejarah HUT ke-79 RI ini, generasi muda untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa Indonesia, dengan cara berkarya dan berprestasi.

"Peringatan HUT Kemerdekaan adalah semangat untuk bersama-sama bergerak membangun demi memajukan Kabupaten Sumenep, melalui karya nyata oleh generasi muda, " tandasnya. (TH)

comments
close
Banner iklan disini