-->

Hot News

HUT RI ke-79 di Sulbar, PJ Gubernur Tampil Memukau dengan Busana Adat Kalumpang

By On Sabtu, Agustus 17, 2024

Sabtu, Agustus 17, 2024

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan keluarga saat menghadiri upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sabtu 17 Agustus 2024. [Foto: Kominfo Sulbar]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Provinsi Sulawesi Barat berlangsung meriah dan penuh kesan. Penjabat (PJ) Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, menjadi pusat perhatian saat memimpin upacara bendera di Anjungan Pantai Manakarra pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Bahtiar, bersama istrinya Sofha Marwah Bahtiar selaku PJ Ketua TP-PKK Sulbar, dan kedua anaknya, hadir mengenakan busana adat Kalumpang. Kostum berwarna merah yang dikenakan Bahtiar sebagai inspektur upacara menjadi sorotan dan simbol kebanggaan daerah.

"Busana adat Kalumpang ini adalah ikon kita. Saya memakainya karena memang khas dan istimewa," ungkap Bahtiar dengan bangga.

Perayaan tahun ini menjadi istimewa karena dua hal. Pertama, untuk kali pertama upacara digelar di lokasi terbuka, yaitu Anjungan Pantai Manakarra. Kedua, momentum ini bertepatan dengan peresmian Ibu Kota Negara (IKN) baru, di mana Sulbar memiliki posisi strategis karena lokasinya yang dekat dengan IKN.

Pilihan mengenakan busana adat dalam acara kenegaraan ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Sulawesi Barat, khususnya warisan Kalumpang, kepada masyarakat luas.

Perayaan HUT RI di Sulbar tahun ini tidak hanya menjadi simbol semangat kebangsaan, tetapi juga ajang mempererat identitas budaya lokal di tengah dinamika pembangunan nasional dengan adanya IKN baru. (Ril/har)

comments