-->

Hot News

Bersatu Sukseskan Pilkada, KPU dan Kejaksaan Sulbar Tekan Kerjasama

By On Senin, Agustus 26, 2024

Senin, Agustus 26, 2024

KPU dan Kejaksaan menandatangani nota kesepahaman untuk menyukseskan Pilkada serentak 2024. [Awal S/masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat menjalin kerja sama dengan Kejaksaan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Hotel Matos Mamuju, Senin (26/08/2024).

Kerja sama ini melibatkan KPU Provinsi Sulawesi Barat dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Barat, serta KPU Kabupaten se-Sulawesi Barat dengan Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Barat. Fokus utama kerja sama adalah bantuan hukum dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat, Said Usman Umar, menekankan pentingnya kolaborasi ini. "KPU tidak bisa berdiri sendiri untuk mensukseskan Pilkada. Ada beberapa tahapan yang membutuhkan pendampingan hukum, seperti pendapat hukum dari berbagai pihak, pengadaan logistik, dan penelaahan dokumen administrasi calon," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat, Andi Darmawangsa, menegaskan peran Kejaksaan. "Kami akan mendampingi KPU dalam pengadaan logistik. Jika ada gugatan, kami siap bertindak sebagai Jaksa Pengacara Negara," jelasnya.

Sebelumnya, KPU juga telah menandatangani kerja sama dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Barat terkait aspek keamanan Pilkada.

Acara penandatanganan dihadiri oleh jajaran KPU Provinsi dan Kabupaten se-Sulawesi Barat, serta perwakilan dari Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri di Sulawesi Barat. (Al/har)

comments
close
Banner iklan disini