-->

Hot News

Temu Teater Se-Sulbar, Membangun Ekosistem Seni Pertunjukan di Bumi Malaqbiq

By On Selasa, Juli 23, 2024

Selasa, Juli 23, 2024

Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris DP (hitam) saat menghadiri Temu Teater se-Sulbar di Taman Budaya dan Museum Buttu Ciping, Tinambung. [Foto: Kominfopers Sulbar]


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris, meresmikan pembukaan Temu Teater Se-Sulawesi Barat di Taman Budaya dan Museum Buttu Ciping, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Senin malam (22/7/2024). Acara yang mengusung tema "Membangun Ekosistem Teater Dalam Harmonisasi Kreativitas" ini berlangsung selama dua hari, 22-23 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Idris menekankan pentingnya seni teater sebagai bagian integral dari pengembangan budaya daerah. "Seni teater sangat sesuai dengan semangat Sulawesi Barat, khususnya suku Mandar yang kaya akan cerita-cerita menarik namun belum terekspos dengan baik," ujar Idris.

Acara ini menghadirkan pelaku seni dari seluruh kabupaten di Sulawesi Barat, menciptakan forum pertukaran ide dan pengalaman antar seniman teater. Idris menyoroti bahwa banyak kearifan lokal yang bermanfaat bagi generasi sekarang dan mendatang, namun belum dikelola secara sistematis.

Salah satu highlight acara adalah pertunjukan opera yang, menurut Idris, sarat dengan pesan-pesan inspiratif. "Opera ini sangat menarik, membawa dinamika dan pesan-pesan luar biasa. Salah satunya, memberi inspirasi bagi komunitas dan generasi muda untuk terus mengembangkan diri menghadapi berbagai tuntutan baru," jelasnya.

Idris juga menekankan pentingnya komitmen yang kuat dalam memajukan kebudayaan, sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2017. Ia menyoroti perlunya identifikasi, pelestarian, dan pengembangan budaya agar memiliki nilai ekonomi, sosial, dan aspek kebangsaan.

Temu Teater Se-Sulawesi Barat ini diharapkan dapat menjadi katalis dalam membangun ekosistem seni pertunjukan yang lebih kuat di provinsi ini, sekaligus menjadi wadah untuk mengeksplorasi dan melestarikan kekayaan budaya lokal melalui medium teater. (Ril/sug)

comments