-->

Hot News

Berharap Berkah 10 Muharram, Warga Polman Borong Peralatan Dapur

By On Selasa, Juli 16, 2024

Selasa, Juli 16, 2024

Warga Polewali berbondong-bondong beli peralatan dapur. [Foto: Rahma/masalembo.com]


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Beragam cara dilakukan warga sebagai tradisi memperingati Hari Asyura atau 10 Muharram pada hari ini, Selasa (16/7/2024). Warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat misalnya, memiliki tradisi membeli peralatan dapur pada 10 Muharram.

Berbagai peralatan pun diborong, dari piring, panci, wajan, hingga sendok. Mereka juga membeli perabotan rumah tangga, seperti ember dan baskom. Warga percaya membeli peralatan dapur dan perabotan rumah tangga saat Asyura bisa menambah rezeki dan keselamatan keluarga.

Di toko Cening Matakali, Polewali Mandar, terlihat ratusan ibu rumah tangga memborong berbagai peralatan dapur dan perabot untuk dibawa pulang. Agar tak kehabisan, bahkan banyak yang sengaja datang lebih pagi.

Hal ini dilakukan seorang ibu rumah tangga, Ayu, yang datang lebih awal untuk menghindari berdesak-desakan dengan pembeli lain di toko tersebut.

"Ini sudah tradisi turun-temurun kalau 10 Muharram atau hari Asyura, kami beli peralatan dapur. Mudah-mudahan keselamatan dan rezeki bertambah tahun ini," ucapnya.

Omzet pemilik toko Cenning di Pasar Pekkabata pun meningkat tajam, bahkan hingga 50 persen dibandingkan hari biasa.

"Alhamdulillah omset kami di 10 Muharram ini mencapai 50 persen dari hari biasanya," kata Haerul, pemilik toko Cenning Matakali.

Haerul juga menambahkan pihak toko sudah menyiapkan barang lebih banyak guna mengantisipasi meningkatnya jumlah pembeli di hari 10 Muharram yang diprediksi pasti mengalami lonjakan.

Adapun peralatan dapur yang paling banyak dicari yakni timba, panci, sendok, dan peralatan dapur lainnya.

Lebih lanjut, Haerul juga menambahkan khusus untuk 10 Muharram ini pihak toko menyiapkan door prize dan hadiah khusus bagi masyarakat yang membeli dengan jumlah tertentu.

"Kita siapkan door prize dan tebus murah khusus yang belanja dengan nominal tertentu," tutupnya. (Rah/dir)

comments
close
Banner iklan disini