-->

Hot News

Visi PAUD H.I El-Fath Menjadi Pelopor Literasi Sekolah Anak

By On Senin, September 25, 2023

Senin, September 25, 2023

Potret belajar mengajar di PAUD HI El-Fath. [Foto: Khairullah Thofu]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) H.I El-Fath Kabupaten Sumenep Jawa Timur, memiliki visi untuk terus menjadi pelopor literasi anak sekolah dini.

Hal ini menurut Direktur HI El-Fath Nurul Hidayati merupakan bentuk manifestasi, dari visi lembaganya sejak awal yang menginginkan sebuah pengelolaan pendidikan usia dini yang inovatif dan permisif terhadap zaman.

Sehingga pola pengajaran di PAUD El-Fath tidak terkesan ketinggalan zaman, dan selalu update dengan tujuan mampu merangsang kreativitas anak sesuai dengan perkembangan zaman.

"Sekarang ini lagi digulirkan literasi dan kamu ingin menjadi pelopor literasi  terutama di PAUD, makanya dalam 2 tahun ini kita selaku mengeksplore program-program yang berkaitan dengan literasi," ujarnya.

Dalam merealisasikan visi-misi lembaganya, HI- Elfath memiliki konsep KILAT yaitu kekeluargaan, dimana kedekatan antara guru dan siswa beserta wali murid memiliki hubungan emosional untuk tumbuh kembang siswa.

"Kami merasa penting untuk membangun suasana kekeluargaan baik antar sesama guru, maupun orang tua siswa," urainya.

Berikutnya, inovasi dalam bentuk program-program pendidikan. Selanjutnya leadership setiap guru atau tenaga pengajar harus mampu menanamkan jiwa kepemimpinan, bukan hanya kepada siswa melainkan kepada sesama pengajar.

"Bagaimana dari beberapa guru yang ada ini dapat memunculkan leadership untuk estafet regenerasi berikutnya," jelasnya.

Selain itu PAUD HI-El Fath juga menanamkan nilai-nilai amanah atau kejujuran terhad siswa dan pengajar. Terakhir, transparansi tidak ada satupun proses pengelolaan atau pengajaran di PAUD HI El-Fath yang ditutupi harus terbuka atau transparan.

"Kita juga selalu menamakan kejujuran dalam setiap tindakan, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan lembaga," katanya.

Ke 5 konsep atau teori itu juga merupakan cara dari PAUD HI El-Fath untuk merealisasikan visi dan misi lembaga sejak awal didirikan. Dimana pembelajaran tidak hanya berpaku pada ruang kelas melainkan juga dapat dikomparasikan dengan pemanfaat lingkungan sekitar.

"Kita itu memiliki vis sekolah yang holistik dan dapat memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi potensi dalam pembelajaran di PAUD," terangnya.

PAUD HI El-Fath juga menyadari pentingnya menamakan nilai-nilai keagamaan sejak usia dini yang merupakan pondasi moralitas setiap anak.

"Kita juga punyak visi kegamaan bagaimana anak-anak sejak dini tertanam aqidah, ibadah dan akhlak sesuai norma-norma yang diatur oleh agama," tandasnya. (TH)

comments